Diberdayakan oleh Blogger.

Gunakan Tips Berikut Ini untuk Mendapatkan Hewan Kurban Terbaik

Posted by TJ-Baoting.com

hewan kurban domba

Perayaan hari raya Idul Adha tinggal sebentar lagi tiba. Sudahkah Anda menyiapkan segala keperluan? Salah satu yang perlu dipertimbangkan adalah dengan mencari informasi lengkap terkait hewan kurban yang akan Anda kurbankan ketika hari raya. Dengan berkurban, maka pahala yang besar akan Anda dapatkan. Selain itu, Anda juga bisa berlatih untuk merasakan empati kepada orang-orang yang kurang mampu sehingga kurban bukan semata mendapat pahala, namun juga bisa bahagia dengan berbagi.

Untuk berkurban, pastikan memilih hewan berkurban yang sehat dan terbaik. Memang mencari hewan untuk keperluan kurban bukan hal yang mudah, mengingat banyak sekali yang awam akan hal ini. Meski begitu, Anda bisa menerapkan beberapa tips berikut ini untuk mendapatkan hewan qurban terbaik:

1. Usia hewan
Yang pertama adalah dari segi kecukupan usianya. Untuk usia hewan kambing dan domba yaitu ketika umurnya 12 sampai 18 bulan, sedangkan untuk hewan sapi dan kerbau adalah 22 bulan. Cara yang paling mudah untuk tahu usia hewan yang sesungguhnya adalah dari catatan kelahiran dari peternak. Namun jika kurang yakin, maka bisa juga dilihat dari metode cek gigi dimana ketika gigi susunya telah janggal di bagian depan, maka usianya sudah mencapai yang disyaratkan.

2. Tidak memiliki cacat
Pastikan juga jika hewan tersebut adalah hewan yang tidak mengalami cacat mengingat dalam Islam ada beberapa kecacatan pada hewan yang tidak diperkenankan untuk dikurbankan. Cacat yang dilarang adalah mata buta sebelah, sakit pincang hingga terlalu kurus sampai tidak ada sumsum tulang.

3. Punya nafsu makan baik
Jika hewan memiliki nafsu makan baik dan gerak tubuh yang lincah, maka hewan tersebut adalah hewan yang sehat. Selain itu, lihat juga dari binar mata dan bulunya karena dari sini sekilas saja Anda bisa tahu hewan tersebut sedang sakit atau tidak.

4. Perhatikan organ tubuh dengan detil
Ketika Anda ada di lokasi pembelian, jangan sungkan untuk melihat dan mengamati hewan secara rinci yaitu dari mata, hidung serta anusnya. Anda harus mendapatkan hewan yang matanya bersih dengan kelopak mata dalam berwarna pink. Selain itu, bagian hidung hewan juga harus terlihat lembab, bersih namun tidak mengeluarkan cairan. Jangan lupa juga cek bagian anusnya dimana anusnya harus bersih yang menandakan hewan tersebut pencernaannya dalam kondisi yang baik.

Pastikan untuk membeli di penjual hewan yang Anda kenal sehingga bisa dipercaya. Namun jika memang Anda tidak memiliki kenalan, ada baiknya meminta rekomendasi dari tetangga atau saudara. Amati juga peternakannya, jika sangat kotor dan dekat dengan pembuangan sampah maka bisa jadi hewan ternaknya juga kurang sehat sehingga tempat pembelian juga memegang peranan penting.

Related Post



Posting Komentar