Diberdayakan oleh Blogger.

Kelaparan Nigeria Membukakan Mata Kita untuk Lebih Toleransi

Posted by TJ-Baoting.com

kelaparan nigeria

Sebagai salah satu negara yang di daulat memiliki krisis kemanusiaan yang cukup besar dari tahun 1945, kini Nigeria masih mengalami hal tersebut dan memang ada banyak faktor yang menyebabkan negara ini menjadi salah satu negara yang memiliki krisis yang tinggi dengan beberapa negara lainnya seperti Somalia dan juga Sudan. Bagi beberapa orang yang sudah tahu sejak lama, pastinya sudah tidak asing banyak media yang memberitakan betapa buruknya kondisi di sana dengan banyaknya para penderita busung lapar dan juga gizi buruk bagi anak-anak malang yang tidak berdosa.

Beberapa jenis bantuan sosial pun sudah sering dilakukan oleh PBB untuk menangani hal ini terutama untuk mengirimkan berbagai macam pasukan yang bisa meredakan hal ini misalnya saja mengirimkan tim medis untuk mengobati berbagai macam penyakit yang ada di sana. Bahkan di lansir dari beberapa sumber tiap saat selalu ada dan terdengar tangisan bayi sehari-harinya akibat dari kelaparan yang di derita oleh anak-anak di sana. Pemandangan bayi dengan bobot yang ringan serta tulang yang hanya terlapis oleh kulit yang kurus kering sudah tidak asing lagi di lihat di sana. Hal ini mengajarkan betapa pentingnya kiat sebagai manusia untuk saling membantu dan memiliki sikap toleransi antar sesama. Melalui kejadian inilah saatnya kita belajar untuk membukakan mata bahwa saat ini Nigeria masih membutuhkan uluran tangan kita.

Berikut beberapa hal yang bisa Anda ketahui dari peristiwa kelaparan yang terjadi di Nigeria yang bisa Anda ambil dan petik juga hikmah di baliknya:

1. Awal terjadinya kelaparan Nigeria,
Hal ini sudah sejak lama terjadi dan salah satu penyebab yang membuat Nigeria sebagai sasaran empuk adalah karena memang merupakan wilayah yang menjadi kungkungan konflik yang terjadi secara horizontal yakni menjadi perebutan kekuasaan pemerintah dengan beberapa kelompok agresif yaitu Boko Haram.

2. Makna dan hikmah yang bisa diambil,
Sebagai umat manusia yang memiliki hati pastinya tidak akan tega dan memiliki rasa toleransi yang tinggi untuk saling membantu terlebih dalam ajaran agama Islam berbagi dengan sesama adalah bentuk dari shadaqah. Berikut beberapa hikmah yang bisa diambil:

Menumbuhkan toleransi, karena manusia adalah makhluk sosial yang saling membutuhkan dan pastinya dengan berbagi akan ada hal yang berguna untuk dijadikan pelajaran dan.
Meningkatkan erat persaudaraan dan empati, dengan berbagi akan menumbuhkan rasa goting royong dan saling bekerjasama dalam membangun hubungan persaudaraan yang erat. Kita tidak kenal siapa pun di Nigeria, mereka adalah orang asing akan tetapi dengan semangat berbagi akan menumbuhkan rasa empati.
Menumbuhkan rasa syukur, karena segala sesuatu yang kita miliki hanyalah milik Allah swt. dan semuanya akan kembali pada-Nya maka saling membantu adalah hal yang Allah sukai.

Related Post



Posting Komentar