Diberdayakan oleh Blogger.

Bali Lovina, Pantai Tenang Tempat Habitat Lumba-lumba

Posted by TJ-Baoting.com

pantai lovina bali

Apakah Anda ingin merasakan liburan yang tenang dan nyaman di Bali? Anda perlu mengunjungi Bali Lovina, kawasan pantai yang berada di sebelah barat Kota Singaraja, kurang lebih 9 km. Pantai ini terkenal dengan ikan lumba-lumbanya yang lucu dan tempat-tempat penginapan yang berjejeran di sekitarnya. Sangat bertolak belakang dengan Kuta yang ribut, Lovina adalah tempat di mana Anda bisa bersantai dan menikmati keindahan alamnya. Kawasan turis di Lovina sendiri terdiri dari desa di pesisir pantai seperti Kaliasem, Kalibukbuk, Tukad Mungga, dan Anturan. 

Nama Lovina yang terdengar unik tersebut berasal dari Anak Agung Panji Tisna yang merupakan Raja Buleleng di tahun 1950an. Setelah berkeliling ke negara-negara di Eropa dan Asia, beliau pun merencanakan untuk membangun pariwisata di Kabupaten Buleleng. Beliau memulainya dengan membangun pondok tempat para pelancong bisa menginap, dan pondok tersebut disebut “Lovina”. Setelah perjalanan panjang dan jatuh bangunnya ekonomi di kawasan ini, pada akhirnya Lovina menjadi kawasan wisata yang memang sudah diidamkan oleh Panji Tisna.

Kawasan Lovina Bali bisa Anda capai dengan beberapa cara dari kota-kota wisata utama di Bali. Misalnya saja:

1. Dengan bus
Anda bisa menuju Lovina dari Kuta, Ubud, Sanur, maupun Padang Bai dengan shuttle bus. Tarifnya Rp140.000,00, atau Anda bisa menggunakan bus kota dekat Gilimanuk seharga Rp30.000,00.

2. Dengan bemo
Meski tak terlalu nyaman, Anda bisa menggunakan bemo ke Lovina dari nyaris semua kota besar di Bali via Singaraja. Harganya lebih murah.

3. Dengan mobil
Anda juga bisa menggunakan rental mobil. Perjalanan dari tempat-tempat seperti Kuta, Sanur, atau Ubud hanya membutuhkan waktu 2-3 jam, dengan kesempatan untuk beristirahat di Kintamani maupun Bedugul.

Jika Anda sudah sampai di Lovina, ada banyak hal yang bisa Anda lakukan di sini. Berikut beberapa di antaranya:

1. Pantai Lovina
Kunjungi pantai berpasir hitam dengan laut yang tenang untuk berenang ini.

2. Melihat lumba-lumba
Dengan tarif sekitar Rp100.000,00/orang, Anda akan diajak untuk naik kapal melihat lumba-lumba. 

3. Menyelam
Lovina merupakan tempat sempurna untuk menyelam, snorkeling, maupun berkunjung ke Pulau Menjangan. Tersedia persewaan peralatan selam dan snorkeling. 

4. Brahma Vihara Arama
Kompleks vihara Budha terbesar di Bali yang terletak di Desa Dencarik. Bentuknya mirip Borobudur dikombinasikan dengan arsitektur Bali.

5. Sumber air panas Banjar
Masih di Dencarik, tepatnya sebelah barat Lovina. Sumber air ini mengandung sulfur dan berada di lokasi alam yang indah. Tarifnya Rp10.000,00.

Related Post



Posting Komentar