Diberdayakan oleh Blogger.

Coba 3 Usaha Berikut untuk Memudahkan Berkurban Sesuai Hukum Islam

Posted by TJ-Baoting.com

Mengingat hukum berkurban dalam Islam adalah wajib terlebih untuk kalangan yang sudah mampu maka perlu menanamkan niatan untuk berkurban di tahun ini. Hukum wajib ini rupanya tidak selalu untuk mereka yang memiliki harta melimpah sehingga membeli seekor sapi terasa semudah menjentikan jari. Bagi Anda yang sudah mulai bekerja dan mendapatkan penghasilan sendiri sudah bisa mulai berusaha untuk bisa berkurban di tahun ini. Syukur-syukur bisa berkurban setiap tahun dengan memilih kurban kambing yang relatif lebih terjangkau. 

kurban dalam islam

Usaha untuk Mempermudah Niatan Berkurban 

Banyak dari umat muslim, entah muslimah ataupun muslim mengaku masih belum mampu untuk berkurban meski sudah bekerja dan statusnya masih single. Padahal di sekitar Anda terdapat banyak orang luar biasa dengan pekerjaan yang gajinya sangat minim mampu menabung dan berkurban. Mulai dari pengemis sampai anak kecil bahkan remaja membuktikan kekuatan niat membuat mereka berkata ‘mampu berkurban’. Apakah Anda merasa malu? Supaya tidak malu pertimbangkan untuk memikirkan menabung supaya tahun ini atau tahun-tahun ke depan Anda selalu mampu berkurban. 

Mempermudah mewujudkan keinginan untuk mampu berkurban tersebut, maka Anda bisa menempuh beberapa usaha berikut ini: 

1. Menabung dengan membeli emas, 

Banyak dari kita merasa khawatir dana yang sudah susah payah ditabung untuk berkurban selalu terpakai untuk kebutuhan lainnya. Menghindarinya bisa memilih memakai uang tabungan untuk membeli emas dalam bentuk perhiasan yang mudah didapat dengan dana terbatas. Ketika dirasa emas yang terkumpul sudah cukup untuk membeli hewan kurban bisa Anda jual. Dijamin cara ini membantu menghindari pemakaian dana kurban sebab memerlukan uang belum tentu rela repot-repot menjual emas ke toko emas. 

2. Mengikuti arisan kurban, 

Mengikuti arisan termasuk opsional yang terbilang sangat mudah dipraktekkan supaya bisa mengumpulkan uang berkurban secara aman. Anda bisa mengajak rekan kerja yang bisa dipercaya ataupun sanak famili untuk mengikuti arisan ini. Siapa yang mendapatkan arisan di tahun ini berarti bisa berkurban di tahun ini, begitu pula anggota arisan lain sampai semuanya bisa berkurban. Cara ini menghindari penggunaan dana yang sudah terkumpul sebab arisan akan dikocok mendekati hari Idul Adha tersebut, sehingga bisa langsung dipakai. 

3. Memanfaatkan jasa pihak ketiga, 

Kini sudah banyak lembaga sosial yang siap membantu umat muslim untuk menyimpan dana pembelian hewan kurban. Lembaga tersebut akan membantu menerima setoran dan saldonya akan disimpan supaya saat jumlahnya cukup pemilik dana bisa mengambil dan membeli hewan kurban. Penyimpanan di lembaga sosial membuat kemungkinan dana diambil sedikit demi sedikit untuk kebutuhan lain bisa dihindari. Langkah ini bisa diambil untuk memudahkan diri sendiri mampu berkurban di tahun ini atau malah setiap tahun. 

Related Post



Posting Komentar