Diberdayakan oleh Blogger.

Begini Prosedur Cara Penggunaan BPJS Untuk Operasi

Posted by TJ-Baoting.com

bpjs untuk operasi

BPJS atau badan pengelola jaminan kesehatan merupakan program kesehatan pemerintah yang sudah mulai ada dan berlaku sejak tahun 2014. Untuk anda yang telah terdaftar menjadi peserta BPJS dapat menggunakan fasilitas kesehatan yang telah disediakan oleh pihak BPJS. Cara penggunaan BPJS sesuai dengan prosedur memang sangat diperlukan. Lebih – lebiih anda yang akan melakukan operasi dengan menggunkan kartu BPJS tersebut. Pasalnya jika anda tidak menggunkan kartu BPJS sesuai dengan aturan – aturan yang telah di tetapkan maka anda akan menanggung biaya pengobatan anda tersebut termasuk biaya operasi yang anda lakukan nantinya.

Perhatikan cara penggunaan BPJS untuk anda yang akan melakukan operasi di rumah sakit :

  • Mintalah surat rujukan dari puskesmas. Gandakan atau foto kopi surat rujukan dari puskesmas tersebut. selain itu foto kopi juga kartu BPJS dan KTP anda. Apabila lewat dari satu bulan dan anda belum menggunakan surat tersebut anda harus mengurus surat rujukan kembali ke puskesmas, hal ini dikarenakan surat rujukan tersebut hanya berlaku selama satu bulan saja.


  • Setelah mendapat surat rujukan dari puskesmas, segera ke rumah sakit untuk mendaftar atau melakukan registrasi ke loket BPJS dengan menyerahkan surat rujukan yang asli dan foto kopi. Kemudian kembali lagi ke loket pendaftaran, setelah itu baru bisa ke dokter yang akan dituju.


  • Konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter yang akan dituju, apabila rumah sakit tersebut tidak dapat menangani penyakit yang diderita maka rumah sakit tersebut akan memberikan surat rujukan yang bermitra dengan BPJS dan mempunyai fasilitasnya.


Untik pengobatan seperti operasi ini misalnya dengan menggunakan kartu BPJS memang akan ditanggung oleh pihak BPJS. Akan tetapi untuk obat, tentu saja tidak semua obat ditanggung oleh BPJS, ada beberapa obat yang harus di beli dengan biaya pribadi. Setelah semua pengobatan dan perawatan selesai siapkan dokumen – dokumen yang digunakan seperti foto kopi surat rujukan, foto kopi kartu BPJS, foto kopi KTP, foto kopi kartu keluarga sebagai persyaratan untuk membayar biaya dengan menggunakan kartu BPJS.

Related Post



Posting Komentar